Untung Rugi Menggunakan Frame Slider

Untuk pecinta roda dua pasti sudah tidak asing lagi dengan frame slider. Aksesoris motor ini biasanya digunakan untuk pada motor-motor. Frame slider ini dipasang di bagian body depan motor diantara fairing, sehingga saat motor ambruk atau crash, fairing motor terhindar dari kerusakan seperti pecah atau bahkan hancur.

Frame Slider

Ada banyak bahan yang digunakan untuk membuat frame slider, mulai dari yang berbahan plastik, aluminium hingga besi stainless. Agar tidak merusak chassis motor, sebaiknya gunakan saja frame slider berbahan plastik sehingga ketika motor terjatuh dengan kecepatan tinggi, frame slider ini tidak menusuk dan membengkokkan chassis.

Frame slider terdiri dari pipa atau plat besi dan jalu slider yang dipasang pada rangka motor. Cirinya, dapat dilihat di bagian depan motor yaitu berupa tonjolan yang terletak disekitar rangka dan mesin.Umum motor jenis sport sudah memiliki rangkanya yang dilengkapi lubang untuk penempatan frame sliders.

Untuk cara pemasangan frame sliders, biasanya tergantung dari produsennya. Ada ada yang sistem tempel (adhesive atau double tape) bukan dibaut, ada yang harus membolongi fairing, dan ada pula yang hanya diselipkan pada beberapa bagian seperti antara lubang filter dan bodi motor.

Namun dikalangan pecinta otomotif roda dua, masih banyak pro kontra soal pemakaian frame slider di kendaraan. Sebagian banyak ada yang berpendapat kalo frame slider punya manfaat, seperti:

Membantu motor segera meluncur kearah bahu jalan saat terjatuh pada saat berkendara sehingga mengurangi peluang terjadinnya tabrakan beruntun.
melindungi bagian fairing samping maupun bodi motor bagian samping dari lecet maupun pecah ketika motor terjatuh. Bisa saja motor terjatuh pada saat kita memarkirkan motor kesayangan karena permukaan tempat kita memarkirkan motor yang tidak rata ataupun sobat terpeleset saat berusaha untuk memarkirkan motor.
Mengurangi kemungkinan kaki tertimpa bodi motor saat terjatuh kearah samping sehingga dapat meminimaliskan kemungkinan mengalami cedera pada bagian kaki.
Pada penggunaan sehari-hari banyak biker yang memanfaatkan frame slider ini sebagai pijakan kaki saat mulai terasa pegal selama berkendara jauh. Lumayan untuk sekedar meluruskan kaki sejenak tanpa harus berhenti dan dapat terus melanjutkan perjalanan.
Sebagai aksesoris pendongkrak tampilan pada kesayangan sobat agar terlihat lebih padat berisi
Namun ada juga yang menganggap farem slider berbahaya atau mempunyai beberapa kekurangan, seperti:
Karena di fungsikan sebagai penahan saat terjatuh dari motor tentu frame slider di wajibkan terbuat dari material yang kokoh, karena pada saat motor terjatuh aksesoris ini harus kuat menahan bobot dari motor beserta bobot efek benturan yang terjadi. Maka tentu saja dengan memasang frame slider motor sobat akan bertambah bobotnya, tambahan bobot berkisar antara 1 – 2,5kg tergantung pada bahan yang di gunakan pada frame slider yang digunakan.
Bagi sebagian biker penggunaan frame slider dapat merusak penampilan motor karena biasanya frame slider terlihat menonjol keluar dari firing ataupun bodi motor sehingga nampak kurang rapi.
Pemasangan frame slider yang salah bukan hanya mengurangi fungsi dari aksesoris satu ini saja, namun bisa saja malah merusak braket rangka, apa lagi jika sobat salah memasang frame slider pada main frame (rangka utama) pada motor. Karena pada saat terjatuh dan terjadi benturan, maka efek dari benturan tersebut bisa saja diteruskan pada main frame sehingga menyebabkan main frame bengkok. Tentu saja biaya memperbaiki main frame tidak bisa kita katakan murah. 
Harga aksesoris satu ini cukup mahal. Sebagai contoh frame slider yang di peruntukan untuk Yamaha R25 berkisar dari Rp. 300.000 sampai Rp. 2.500.000 tergantung pada merk. 
Tidak jarang penggunaan frame slider menyusahkan kita saat berada di area parkir yang padat dan berhimpit-himpitan seperti pada area parkir kampus karena penggunaan frame slider menambah lebar dari dimensi motor.

Tidak ada komentar