Klaim Lebih Mudah dengan Asuransi Kesehatan Cashless

asuransi kesehatan cashless

Asuransi kesehatan memang penting dalam menjamin biaya pengobatan. Namun, Ketika melakukan klaim kerap kali terkendala, mulai dari dokumen kurang lengkap hingga waktu pembayaran uang pertanggungan yang lama. Guna mempermudah klaim, kini hadir asuransi kesehatan cashless. Apa saja kemudahannya? Berikut pembahasannya!

·         Tidak membutuhkan dana talangan
Asuransi umumnya memiliki 2 sistem klaim, yaitu reimbursement dan cashless. Sistem reimbursement berarti pengembalian dana, di mana ketika ingin melakukan pengobatan Anda diharuskan membayar biaya pengobatan menggunakan uang pribadi terlebih dahulu. Untuk uang pertanggungan, nantinya Anda harus mengajukan dan menyertakan dokumen yang diperlukan.

Sedangkan, jika menggunakan sistem klaim cashless, Anda hanya perlu membawa kartu asuransi saat ingin melakukan pengobatan. Semua biaya pengobatan sudah langsung ditanggung oleh pihak asuransi selama masih dalam batas plafon yang berlaku. Sistem ini tentu sangat memudahkan Anda karena Anda tidak harus menyiapkan uang talangan saat ingin berobat.

·      Sangat berguna pada kondisi darurat
Asuransi kesehatan sistem cashless juga sangat membantu saat kondisi darurat yang membutuhkan penanganan medis secepatnya. Misalnya saja ketika Anda sedang tidak memiliki uang. Jika menggunakan sistem cashless, Anda bisa langsung pergi ke fasilitas kesehatan tanpa perlu memikirkan biaya pengobatan.

·         Proses yang mudah dan cepat
Kemudahan lain yang ditawarkan oleh asuransi cashless adalah proses klaim yang cepat dan mudah. Ketika menggunakan sistem reimburse, untuk mendapatkan dana pertanggungan Anda harus mengisi dan melengkapi dokumen tertentu. Umumnya dokumen yang diminta adalah formulir klaim, nota pembayaran, rincian biaya, resume medis, resep, dan fotokopi identitas diri.

Selain banyaknya dokumen yang dibutuhkan, pembayarannya pun memerlukan waktu beberapa hari setelah dokumen lengkap. Bahkan, kadang waktu yang dibutuhkan lebih lama karena pihak asuransi harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak fasilitas kesehatan.

Hal-hal tersebut tentu tidak perlu Anda lakukan ketika menggunakan asuransi cashless. Anda hanya perlu memberikan kartu asuransi saat melakukan pengobatan. Semua biaya pengobatan Anda akan diurus langsung oleh pihak asuransi dan penyedia layanan kesehatan.

Itulah berbagai kemudahan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan asuransi kesehatan . Namun, asuransi cashless memiliki kekurangan, yakni pengobatan hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang ditentukan oleh pihak asuransi. Oleh sebab itu, pilihlah penyedia asuransi yang memiliki banyak rekanan fasilitas kesehatan seperti Allianz, misalnya.

Tidak ada komentar