Tips Memilih Mainan Untuk Anak

Mainan Bayi

Ingin membelikan bayi Anda alat untuk bermain? Pada usia anak tiga bulan dirasakan sangat pesat perkembangannya. Perkembangan bayi pada usia ini adalah dapat menggerakkan tangannya dan meraih benda disekitarnya dengan warna mencolok. Dengan demikian Anda harus tepat dalam memilih jenis bahan yang digunakan yang bisa dicuci. Apabila menggunakan jenis mainan seperti ini akan membuat anak menjadi lebih aktif dan pintar dalam perkembangannya. Untuk mengetahui mengenai beberapa tips memilih mainan bayi pada usia tiga bulan. Ada baiknya mengetahui melalui beberapa hal yang ada pada artikel dibawah ini:

Baca Juga : Kalung Anak

1. Menghasilkan bunyi
Mulailah dengan memilih jenis makanan yang menghasilkan bunyi. Dengan memilih makanan dengan jenis ini tentu saja akan membuat syaraf motoriknya bekerja. Biasanya anak akan lebih menyukai jenis mainan yang menghasilkan bunyi dan memiliki warna yang cerah. Apabila memilih spesifikasi yang demikian tentu saja bayi Anda akan lebih tertarik untuk meraihnya. Selain itu akan memberikan kemudahan Anda agar bayi tersebut tidak mudah rewel.

2. Tekstur yang berbeda
Berikan alat bermain berdasarkan jenis kelaminnya dan jangan sampai memberikan alat edukasi yang salah. Hal ini karena akan berpengaruh dalam perkembangan kepribadiannya. Ada baiknya dalam setiap kali memberikan alat bermain untuk anak mulailah dengan memberikan tekstur yang berbeda-beda. Dengan memilih jenis alat bermain dengan tekstur yang beragam tentu saja akan melatih indera peraba anak.

3. Digigit
Tips memilih mainan bayi pada usia tiga bulan ada baiknya yang bisa dicuci. Sehingga mainan tersebut menjadi lebih bersih dan nyaman. Perlu Anda ketahui apabila bayi dengan usia tersebut memiliki kecenderungan untuk memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Dengan demikian alat untuk bermain yang bisa dicuci akan membantu Anda memilih jenis alat bermain yang lebih higienis.

4. Bentuk favorit
Perhatikan mengenai bentuk favorit yang disukai bayi tersebut dari semua alat bermainnya. Dengan demikian akan lebih mudah memilihkan jenis alat untuk bermain yang sesuai dengan kegemarannya. Pastikan bahwa alat bermain yang diberikan bisa digunakan untuk media bercerita. Dengan demikian akan membuat para orang tua dapat bercerita mengenai hal ini. Tentu saja apabila menggunakan bentuk yang demikian akan memaksimalkan perkembangan otak dan indera pendengaran.

5. Empuk dan anti pecah
Anda juga harus memperhatikan mengenai jenis bahan yang digunakan. Dalam menggunakan tips memilih mainan bayi sebaiknya yang empuk dan anti pecah. Dengan demikian akan memaksimalkan keamanannya. Perlu Anda ketahui tentunya apabila memilih alat bermain yang keras dan juga mudah pecah. Tentu saja akan dikhawatirkan dapat melukai bayi Anda sehingga tak menimbulkan bahaya ketika dijadikan media bermain.

Demikian tips-tips memilih mainan untuk si kecil yang bisa Anda terapkan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar