Kenali dan Pahami Tentang Operasional Asuransi Syariah

Asuransi Syariah

Ekonomi berbasis syariah belakangan ini sudah semakin berkembang dan cukup digandrungi masyarakat. Tak hanya di dunia perbankan saja, perusahaan asuransi kini juga sudah banyak yang menerapkan prinsip syariah dengan mengeluarkan produk asuransi syariah. Namun sebelum itu penting bagi Anda untuk memahami dulu tentang operasional asuransi syariah.
Takaful
Sebenarnya apa sih takaful itu? Takaful sendiri memiliki artian kewajiban untuk menanggung antar anggota kelompok. Jadi asuransi berbasis syariah sendiri dijalankan berdasarkan konsep saling menanggung dan saling tolong menolong. Para pemegang polis asuransi syariah memiliki kewajiban untuk membantu nasabah lainnya.
Menggunakan Akad Tolong Menolong
Pada dasarnya perusahaan asuransi dijalankan berdasarkan akad tolong menolong. Hal ini tentu jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Dalam asuransi konvensional sendiri akad yang digunakan adalah satu pihak menawarkan jasa dan pihak lainnya merupakan pembeli karena tertera pada penawaran yang telah dibuat.
Akad  tolong-menolong pada asuransi berbasis syariah sendiri dilatarbelakangi oleh kemauan kelompok untuk saling melindungi diri dan nasabah lainnya dari kesusahan dan kemalangan. Jadi dana yang sudah dibayarkan tetap akan menjadi milik perseorangan. Pihak perusahaan asuransi hanya bersifat sebagai perantara dan pengelola saja
Asuransi Berbasis Syariah Menggunakan Metode yang Berbeda
Metode yang digunakan pada asuransi syariah berbeda dengan konvensional. Pada prakteknya ketika ada nasabah yang mengalami musibah, mereka akan mendapat pertanggungjawaban dari dana bersama yang terkumpul. Lain halnya dengan Asuransi konvensional yang melakukan pemindahan tanggung jawab dari penanggung ke tertanggung.
Dalam Asuransi Syariah, Peserta Merupakan Tanggung Sekaligus Penanggung
Dalam asuransi syariah para nasabah akan bertindak sebagai tertanggung sekaligus penanggung. Mengapa bisa demikian? Sebab besarnya premi yang sudah dibayarkan tidak termasuk ke dalam laba perusahaan, melainkan kontribusi peserta. Besarnya kontribusi yang harus dibayarkan sendiri tergantung pada tingkat risiko yang ditanggung.
Beberapa hal di atas merupakan mekanisme utama dan prinsip kerja sebuah produk asuransi berbasis syariah. Hal tersebut menunjukkan jika asuransi berbasis syariah memang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Anda juga bisa mendapatkan berbagai pilihan produk asuransi syariah dengan premi yang murah dan manfaat yang lebih hanya di allianz.co.id.

Tidak ada komentar