Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Cepat dan Ampuh

Lalat adalah salah satu hewan yang bisa merugikan manusia. Sebab, melalui lalat, banyak penyakit bisa menular. Beberapa penyakit yang bisa menimpa karena lalat adalah kolera, disentri, salmonellosis dan lainnya. Itu karena lalat mampu membawa bakteri di tubuhnya. Anda harus menemukan cara mengusir lalat yang tepat agar terbebas dari ancaman ini!

Cara Mengusir Lalat

1. Bersihkan Lingkungan Rumah
Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan bila mau lalat pergi dari rumah adalah membersihkan lingkungan rumah. Cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat terutama di lingkungan tempat tinggal. Sediakan bak sampah khusus dan jangan lupa menutupnya. Sebisa mungkin, jangan letakkan bak sampah tersebut di dalam rumah.

Sebab, hal itu malah akan mengundang lalat masuk. Namun, jika harus ada tempat sampah di dalam rumah, maka usahakan hanya sampah kering yang dibuang ke sana. Jangan juga sampai sampah tersebut menumpuk. Buang sampah secara teratur pada pagi atau sore hari. Jangan lupa juga bersihkan area rumah untuk menghindari lalat masuk.

2. Gunakan Semprotan Serangga
Anda bisa memanfaatkan semprotan serangga yang mudah ditemukan di toko atau minimarket terdekat. Tak hanya lalat saja yang bisa diusir menggunakan obat semprotan serangga ini. Namun, serangga lain seperti nyamuk dan kecoa juga bisa. Pastikan Anda menggunakannya jauh dari makanan karena ia mengandung racun.

3. Daun  Kemangi
Anda bisa memanfaatkan daun kemangi yang memiliki aroma khas tersendiri sebagai cara mengusir lalat. Daun yang biasa digunakan sebagai bahan lalapan ini bisa Anda masukkan ke dalam plastik yang sudah diisi dengan air. Setelah itu, Anda bisa menggantungnya di tempat ada lalat.

Aroma khas yang ada pada daun kemangi tidak disukai lalat. Dengan begitu, lalat ta akan berani mendekat ke dalam rumah. Selain bisa jadi pengusir lalat, daun kemangi ini juga bisa Anda jadikan sebagian pewangi alami ruangan.

4. Daun Cengkeh
Sama seperti daun kemangi, daun cengkeh juga memiliki aroma khas yang efektif mengusir lalat. Aroma rempah dari daun cengkeh ini juga tak disukai lalat. Hanya saja, daun cengkeh ini tak bisa didapat dengan mudah layaknya daun kemangi.

5. Lilin
Meski lilin tidak mengeluarkan aroma khas seperti daun kemangi dan daun cengkeh, namun ia juga bisa digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengusir lalat. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menghidupkannya saja. Nyala api dan panas yang berasal dari lilin dapat mengganggu lalat.

6. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih juga berguna untuk mengusir lalat. Itu dikarenakan minyak ini mengandung aroma tertentu yang tak disukai lalat. Anda cukup tuangkan setidaknya satu tutup botol minyak kayu putih dan letakkan di ruangan yang sering dihinggapi lalat. Tak butuh waktu lama, lalat pun akan minggat.

7. Bunga Lavender
Aroma lavender yang wangi ternyata juga efektif untuk mengatasi lalat. Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu menanamnya di sekitar rumah. Kalau mau digunakan di dalam rumah, cincang bunga dan batang lavender dan masukkan ke dalam baskom berisi air. Setelah itu, letakkan di ruangan yang banyak lalat.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk mengusir lalat dari rumah. Ada yang menggunakan bahan alami, ada juga yang tidak. Manapun cara mengusir lalat yang Anda pilih, semuanya efektif. Daripada itu, paling penting adalah Anda harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar lalat tak mendekat dan menularkan beragam penyakit.

Tidak ada komentar