Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Depok: Ini Berbagai Penyakit yang Bisa Ditangani Oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter

Saat mengalami sakit yang serius, memeriksakan diri ke dokter menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Dalam mengobati pasiennya, dokter umumnya selalu melakukan diagnosa terlebih dahulu. Diagnosa selain berguna untuk menentukan jenis penyakit yang diderita oleh pasien, juga bertujuan untuk menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk penyakit yang diderita. Pengobatan yang tepat harus dilakukan oleh dokter ahli atau yang berkompeten. Ada banyak sekali jenis penyakit yang memerlukan penanganan dari dokter khusus atau spesialis, salah satunya yaitu penyakit dalam. Bagi Anda yang mengalami jenis penyakit dalam, maka perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam di Depok maupun tempat lainnya.

Dokter spesialis penyakit dalam atau yang sering disebut juga dengan dokter internis, merupakan dokter yang bertugas menangani berbagai penyakit atau masalah kesehatan yang berhubungan dengan semua organ dalam tubuh manusia. Sehingga memang jenis penyakit yang bisa ditangani dokter spesialis penyakit dalam sangatlah kompleks dan beragam. Untuk daftar penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam bisa disimak berikut ini:

1. Alergi imunologi klinik.
Merupakan penyakit dalam yang berhubungan dengan alergi dan gangguan sistem kekebalan tubuh manusia. Untuk jenis penyakit yang masuk dalam kategori ini, seperti asma, rhinitis alergi, angioedema, dan penyakit biduran (urtikaria).

2. Gastroentero-hepatologi.
Merupakan penyakit dalam yang berhubungan dengan gangguan terhadap sistem pencernaan manusia dan organ hati. Untuk contoh penyakit yang termasuk dalam kategori ini, seperti penyakit hepatitis, pankreatitis, kanker saluran pencernaan, kanker hati, dll.

3. Geriatri.
Merupakan penyakit dalam yang berhubungan dengan gangguan dan penyakit yang sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang atau penuaan. Sebagai contoh, yaitu ada penyakit demensia, malnutrisi, inkontinensia urin, diabetes tipe 2, osteoarthritis, dll.

4. Ginjal hipertensi.
Merupakan penyakit dalam yang terjadi karena ginjal mengalami gangguan sehingga mengharuskan melakukan hemodialisis dan adanya tekanan darah yang tinggi. Adapun contohnya, yaitu gagal ginjal parah, sindroma nefrotik, penyakit batu ginjal atau tersumbatnya saluran kemih.

5. Hematologi-onkologi medik.
Yaitu penyakit dalam yang berhubungan dengan adanya gangguan atau kelainan pada darah. Biasanya penyakit ini berhubungan dengan kanker. Untuk contohnya, seperti penyakit kanker darah atau leukimia, anemia (kekurangan darah), penyakit limfa (limfoma), dll.

6. Kardiologi.
Yaitu penyakit dalam yang berhubungan dengan gangguan yang terjadi pada organ jantung. Adapun contohnya, seperti penyakit gagal jantung, jantung rematik, penyakit katup jantung, dll.

7. Metabolik-endokrin.
Merupakan penyakit dalam yang berhubungan dengan gangguan metabolisme tubuh. Jenis penyakit yang termasuk dalam kategori ini, seperti penyakit tiroid, diabetes, dll.

8. Psikosomatik.
Yaitu penyakit dalam yang terjadi karena gangguan penyakit lain dan biasanya bertambah parah dengan adanya gangguan mental pada penderita.

9. Pulmonologi.
Yaitu penyakit dalam dengan gangguan atau penyakit yang sering terjadi pada sistem pernapasan. Sebagai contoh penyakit asma, bronkitis, emfisema, dll.

Nah, itu tadi beberapa penyakit dalam yang bisa ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam di Depok maupun tempat lainnya. Dokter spesialis penyakit dalam yang menangani pasien ini nantinya juga harus disesuaikan dengan kategori masing-masing penyakit yang diderita oleh pasien. Misalnya jika pasien menderita penyakit katup jantung, maka dokter spesialis yang menangani adalah dokter spesialis kardiologi atau kardiovaskular. Begitu juga untuk jenis penyakit dalam lainnya, maka dokter spesialis penyakit dalam yang menangani juga bisa berbeda-beda.

Tidak ada komentar