Inilah 6 Jenis Perawatan Penting Motor Sport Honda CBR 150R

Kebanyakan pria memang lebih senang menunggangi motor sport jika dibandingkan dengan kendaraan yang lainnya, bukan tanpa alasan, melainkan karena jenis motor yang satu ini akan membuat penampilan mereka terlihat jauh lebih maskulin atau macho. Honda sendiri juga mengeluarkan beberapa produk motor sport ke pasaran Indonesia, diantaranya adalah Honda CBR 150R, seri yang satu ini terbilang sangat diminati oleh masyarakat, sehingga mengalami beberapa evolusi untuk keluaran terbarunya. 

Honda CBR 150R
Gambar Honda CBR 150R By Moladin
Motor yang satu ini dijual ke pasaran dengan kisaran harga 30an juta rupiah, untuk jenis kendaraan sport, jika dibandingkan dengan merk pesaing lainnya, bisa dikatakan Honda ini mematok harga yang relatif murah. Apalagi bukan rahasia lagi jika seandainya produk-produk motor keluaran dari Honda ini sendiri memiliki banyak sekali nilai lebih, mulai dari konsumsi bahan bakarnya yang irit, sampai dengan kemudahan menemukan spare part dan juga bengkel resminya jika motor tersebut bermasalah. Patut untuk diketahui bahwa motor sport sejenis Honda CBR 150R ini sendiri juga sangat rentan untuk bermasalah atau rusak.

Untuk itu pastikan bagi Anda mengetahui beberapa tips perawatannya berikut ini, yaitu:

Pastikan untuk menghidupkan mesinnya setiap hari, bahkan ketika motor tersebut tidak akan digunakan, maka pastikan untuk melakukan pemanasan, paling tidak selama 15 menit dengan tujuan agar komponen atau mesin yang ada di dalamnya bekerja sebagaimana mestinya.

Rajin mengecek kondisi oli, jika sudah habis maka harus segera diganti dengan yang baru, bagaimanapun oli atau pelumas mesin ini memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan, ketika kondisi olinya sudah mulai habis harus diganti sehingga tidak menganggu kinerja mesin bahkan menyebabkan gesekan hingga kerak.

Jangan sembarangan di dalam memilih bahan bakar yang dipakai, bahan bakar ini komponen yang sangat penting dalam kendaraan, selain digunakan sebagai supply energi, maka agaknya bahan bakar yang bagus juga sangat mempengaruhi kinerja mesin motor. Semakin bagus bahan bakar tersebut maka tarikan kendaraan juga akan semakin nyaman.

Mengecek sistem kelistrikan, khususnya adalah bagian aki yang berfungsi untuk menghasilkan listrik ketika pertama kali motor dinyalakan, sehingga ketika motor ngadat bisa jadi salah satu faktor penyebabnya adalah aki yang sudah habis atau bermasalah.

Mengecek kondisi ban secara berkala, tekanan angin dan juga apakah ban masih layak dipakai atau tidak, jika sudah tipis segera ganti yang baru jika tidak ingin terjadi sesuatu di jalan.

Lakukan service kendaraan tersebut secara rutin ke bengkel resminya, agar nantinya tarikan kendaraan senantiasa nyaman dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perawatan semacam ini tak hanya berlaku pada Honda CBR 150R saja, melainkan juga motor yang lain, cek harga terbarunya di Moladin.

Tidak ada komentar